Spion?

Eits… tunggu dulu, aku tidak akan nulis tentang mata-mata alias spionase, tetapi bicara tentang spion sebagai alat bantu melihat di kendaraan bermotor, baik itu mobil mau pun motor. Bahkan bajaj roda tiga dan becak pun memilikinya.

Tetapi sayang sungguh sayang bahwa banyak pengendara motor yang menafikan spion dengan menggantikannya dengan yang lebih kecil dan lebih pendek batangnya. “Lebih keren,” begitu kata seorang teman yang telah mengganti spion standar motornya dengan yang lebih kecil dan berwarna.

Yang lebih parah adalah bila spion-spion ini dilepas oleh pemiliknya. Tanpa spion area penglihatan kita jadi jauh berkurang dan itu sangat berbahaya baik bagi diri kita sendiri mau pemakai jalan yang lain. Tidak jarang kecelakaan terjadi karena kita tidak dapat memantau area sekitar kita.

Spion Standar

Spion standar motor memang kadang tampak culun, kurang gagah dan bahkan bagi sebagian besar orang dianggap terlalu panjang dan menganggapnya sebagai pengganggu aktivitas terabas-terabasan di antara kemacetan jalan raya. Memang tidak jarang spion motor ini menyenggol spion mobil. Dan ironisnya spionlah yang dianggap bersalah dalam kasus ini.

Terlepas dari bentuknya yang tidak sexi, spion itu sangat berguna untuk membantu penglihatan kita akan daerah sekitar kita, terutama untuk melihat area belakang kita. Kalau spion di motor ada dua, yaitu di kiri dan kanan, maka di mobil ada tambahannya, yaitu di tengah untuk melihat area tepat di belakang mobil.

Mobil-mobil modern sudah tidak menggunakan spion cermin tetapi menggantikannya dengan kamera di sekeliling mobil. Kita bisa memantau area di sekitar mobil lewat layar monitor di dalam. Peletakan kamera ini sering kali tidak hanya 3 seperti pada spion konvensional, tetapi banyak dan tersebar di sekeliling mobil. Mobil modern biasanya menyertakan 1 kamera di belakang dan 2 di samping dan 1 di depan. Weks… di depan juga ada kameranya?

Nah, ini yang lebih canggih lagi. Kamera di depan itu berfungsi untuk mata malam karena kameranya dapat melihat di kegelapan tanpa bantuan cahaya lampu. Jadi walau pun lampu dimatikan, kita bisa melihat ke depan.

Iklan