Honda CS1AHM telah meluncurkan Honda CS1 di Hotel Shangri-La Surabaya pada tanggal 6 April 2008. AHM memberikan nama produk terbarunya ini sebagai CS1 yang memiliki arti City Sport 1st alias motor sport kota pertama dari Honda. Tongkrongannya memang sportif habis sesuai dengan klaim AHM.

Tapi apakah CS1 benar-benar City Sport pertama di Indonesia? Kalau pun CS1 disebut sebagai Crossover pertama di Indonesia, benarkah klaim ini?

Kehadiran CS1 memang menambahkan jenis motor baru di produk AHM (yg resmi beredar, bukan lewat IU), yaitu bebek sport. Bebek sport memang masih masuk jenis motor bebek. Tapi bebek sport memiliki kelebihan dari pada bebek biasa. Dari kapasitas mesinnya yang lebih besar, kemampuannya yang lebih (terutama di tenaga atau pun kecepatan) dan yang pasti adalah bentuknya yang sangat sporty.

Jika AHM mengklaim CS1 sebagai motor sport kota pertama, maka klaimnya sedikit berlebihan dan sedikit bias karena klaim ini hanya bisa dikenakan kepada AHM sendiri, bukan ke semua bebek yang beredar di Indonesia. Kita tentu tidak pernah lupa kehadiran Suzuki Satria, Yamaha MX bahkan Honda Sonic keluaran Honda sendiri. Motor-motor ini termasuk dalam genre bebek sport.

Kalau pun AHM mengklaim CS1 sebagai motor crossover pertama di Indonesia, maka AHM seolah menutup mata terhadap Kanzen Ultima. Kanzen Ultima sendiri memiliki beberapa varian, dari trail sampai supermoto. Dan produk Kanzen yang merupakan pabrikan Indonesia ini pun lebih tepat menyandang gelar motor crossover. Bro Indobikers malah mengklaim bahwa Ducati Multistrada 1000 DS adalah crossover pertama di Indonesia.

Jadi saya merasa bahwa klaim AHM terhadap CS1 sebagai motor sport kota pertama di Indonesia cukup bias. Tapi dalam waktu dekat ini CS1 akan mendapatkan pesaing di jenis yang sama, yaitu di jenis crossover dengan hadirnya Kawasaki Athlete.

~~~
Link terkait:
Honda Luncurkan CS1 “The Top City Ride” (www.astra-honda.com)
Product Overview: City Sport 1 (www.astra-honda.com)
Honda (AHM) Ketahuan Bohongnya (dewo.wordpress.com)

Iklan