Balapan di sirkuit Estoril Portugal menjadi catatan tersendiri bagi Jorge Lorenzo. Setelah 3 kali pole position, akhirnya di seri ketiga di Estoril Portugal inilah Jorge mampu menuntaskan balap dengan kemenangan yang fantastis. Kemenangannya sangat telak, meninggalkan jauh lawan-lawannya, termasuk rekan setimnya, Valentino Rossi.

Balap dimulai dengan pertarungan yang sangat sengit antara Valentino Rossi, Jorge Lorenzo, Daniel Pedrosa dan Andrea Dovizioso yang saling sodok menyodok. Sayangnya Dovizioso akhirnya terjatuh. Demikian juga dengan Nicky Hayden yang terpaksa tidak dapat meneruskan balap.

Bagaimana dengan Casey Stoner? Sang Juara 2007 ini sayangnya tidak mampu meningkatkan performa balapnya karena terganggu kamera di motornya yang terlepas dari dudukannya.

Rossi juga sedikit mengalami gangguan di bannya. Seperti kita tahu, 8 pembalap terdepan di kualifikasi menggunakan ban Michelin. Hanya Rossi yang menggunakan Bridgestone dan meraih posisi 3 saat start. Dan pemilihan ban Rossi cukup berbeda dengan tim yang lain, yaitu slick-soft untuk depan dan slick-medium untuk belakang. Sedangkan Jorge Lorenzo menggunakan medium-medium. Daniel Pedrosa memilih medium-hard. Dengan bekal ban yang lebih keras inilah menjadikan Lorenzo dan Pedrosa jauh meninggalkan Rossi. Sedangkan Rossi harus bekerja keras menahan laju Dovizioso hingga akhirnya dapat menarik nafas lega karena Dovizioso terjatuh.

Balap akhirnya dimenangkan Lorenzo dengan telak disusul Daniel Pedrosa dan Valentino Rossi. Rossi sendiri menyatakan dirinya cukup puas dengan posisi ketiga dan tetap optimis di seri keempat di China.

Catatan: Gambar diculik dari situs resmi Moto GP.